9 Teknik Menulis yang Benar

Menulis adalah sarana untuk menyampaikan ide, pendapat, wawasan, atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan frasa. Melansir dari direktoritraining.com Menulis adalah proses produksi untuk menghasilkan suatu karya yang tercipta dalam pikiran. 

Hipwee

Tentu kita tidak bisa menulis asal-asalan jika ingin tulisan yang berkualitas. Ada teknik menulis yang harus dikuasai agar tulisan layak dibaca orang lain. Berikut beberapa teknik penulisan yang dapat digunakan:

1.Jenis Tulisan 

Dalam menulis, kita harus menentukan terlebih dahulu jenis tulisan apa yang akan dibuat. Apakah artikel ini opini, faktual atau hanya untuk hiburan? Gaya penulisan juga mempengaruhi tahapan penulisan selanjutnya serta pesan yang terkandung dalam penulisan selanjutnya. Gaya penulisan orang dewasa tentu saja berbeda dengan gaya penulisan anak-anak.

2.Pertimbangan Pembaca 

Carilah bahan tulisan yang baru atau belum pernah dibaca oleh pembaca agar tulisan kita menjadi informasi yang bermanfaat bagi mereka.
3. Orientasi audiens Teks kita harus ditujukan pada audiens yang akan membacanya. Selain itu, orientasi publik akan lebih bermanfaat dalam perkembangan yang baik dari ruang redaksi yang kita kembangkan, karena kita tahu persis untuk apa target informasi itu.

4.Menentukan topik dan ide tulisan 

Topik adalah ide pokok yang menjadi dasar dari tulisan kita, sedangkan ide adalah bahan yang akan kita uraikan dalam tulisan kita. Tema dan ide dapat dipetik dari penelitian atau pengamatan yang dilakukan dan tentunya dikembangkan lebih lanjut dengan informasi yang diperoleh dari penelitian atau pengamatan tersebut.


5. Mengembangkan ide 

Keterampilan bahasa diperlukan dalam fase ini. Untuk menulis esai yang baik, ide yang dikembangkan harus tertuang dalam
kata yang dapat dipahami oleh pembaca.


6. Unsur Penulisan Selain kata/kalimat yang baik, unsur penulisan lainnya juga harus diperhatikan. 


Misalnya tentang keefektifan kalimat: kalimat efektif tidak hanya memiliki kata-kata yang baik, tetapi juga dapat menyampaikan pesan yang ditulis dengan benar kepada pembaca.


7. Gaya penulisan Ini adalah identifikasi penulis bagi pembaca.

Setiap penulis biasanya memiliki gaya masing-masing yang membuat mereka terlihat berbeda meskipun sama-sama penulis.

8. Ejaan yang Benar 

Tulisan yang baik harus dapat dipahami oleh pembaca, melalui urutan kata, penggunaan tanda baca, sufiks, dan awalan, serta kalimat baku.


9. Edit Setelah selesai mengetik, saatnya mengedit tulisan kita.

Ini dilakukan untuk mencegah salah eja atau kata-kata yang salah, kalimat yang ambigu, atau perubahan makna naskah.


Demikian 9 Teknik Menulis, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda
Lebih baru Lebih lama