From Zero To Hero Pendidikan Karakter di Sekolah (buku referensi)








 Judul :

From Zero To Hero

Pendidikan Karakter di Sekolah

buku referensi


Penulis : 

MARIA VICTORIA, M.Pd



    Pendidikan merupakan proses yang terus menerus tiada henti yang sangat menentukan karakter bangsa pada masa kini dan masa datang, apakah suatu bangsa akan muncul sebagai bangsa pemenang, atau bangsa pecundang sangat tergantung pada kualitas pendidikan yang dapat membentuk karakter anak bangsa tersebut. Dalam kamus umum bahasa Indonesia, karakter ialah tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Pendidikan karakter pada dasarnya adalah membimbing anak untuk secara sukarela mengikatkan diri pada nilai.
    Saat ini pendidikan watak diformulasikan menjadi pelajaran agama, pelajaran kewarganegaraan, atau pelajaran budi pekerti, yang program utamanya adalah pengenalan nilai-nilai secara kognitif semata. Lebih mendalam sedikit sampai ke penghayatan nilai secara afektif. Pendidikan dalam semua jenjang harus dikondisikan agar membawa anak ke arah pengenalan nilai secara kognitif, penghayatan nilai secara afektif, akhirnya kepada pengamalan nilai secara nyata.
    Pembentukan karakter peserta didik di satuan akhir seperti di SMK telah melewati beberapa tingkat, sejak anak melalui pendidikan pertama di keluarganya, SD dan SMP, maka tentu saja idealnya mereka dikatakan siswa yang berkarakter. Ironisnya meskipun telah melewati jenjang pendidikan yang relatif panjang tetap saja belum menjamin mereka sebagai penerus bangsa memiliki karakter yang mulia. Disadari bahwa kondisi karakter bangsa ini sedang dalam proses pembentukan.








#fromzerotohero


Lebih baru Lebih lama