32 AKSI PENDAMPINGAN DESA WISATA



JUDUL:

32 AKSI PENDAMPINGAN DESA WISATA

Sebuah Strategi Menuju Arah Bangkit, Menjaga Keberadaan, Keberlangsungan, Keberlabaan, Kemandirian dan Keunggulan Berkelanjutan

 

PENULIS:

Fathul Yadi, S.Pd., M.M.

 

Harga:

Rp. 120.000


Pemesanan :

0821 7729 5690 





    Geliat sektor pariwisata khususnya desa wisata saat ini telah menjadi tren dan
primadona bagi wisatawan. Saat ini sector pariwisata telah menjadi sektor “andalan”
menuju kebangkitan Indonesia di masa depan, sehingga perlu dikelola dan dimanajemeni secara profesional di tiap-tiap unit desa wisata yang ada di Indonesia.

    Bergairahnya Desa Wisata di Indonesia untuk bertumbuh dan naik kelas, sangat terlihat jelas dari keikutsertaan desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata tahun 2021 sebanyak 1.831 desa wisata dan di tahun 2022 bertambah menjadi 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia (Data sebelum menjadi 37 provinsi). Situasi ini mengindikasikan, bahwa desa wisata sedang berpacu untuk berbenah dalam rangka peningkatan standar kualitas dan tata kelola desa wisatanya untuk naik kelas.

    Pengembangan sektor pariwisata di Indonesia dengan pendekatan Community Based Tourism (CBT) atau pariwisata berbasis masyarakat, tentu memberi gairah dan ruang secara lebih luas, serta terbuka kepada tiap-tiap individu atau masyarakat untuk terlibat langsung sebagai pelaku produk wisata di tiap-tiap desa wisata yang ada di Indonesia.

    Pengembangan sektor pariwisata yang mengusung konsep Community Based Tourism (CBT) merupakan contoh riil dari implementasi ekonomi kerakyatan, di mana kegiatannya
langsung dilakukan oleh masyarakat dan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat secara langsung. Ini merupakan bagian dari solusi atas masalah-masalah yang ada di masyarakat, khususnya di desa.

    Dalam buku ini, penulis sekaligus sebagai pendamping desa wisata, merangkum sejumlah aktivitas dan catatan harian atas program pendampingan desa wisata yang dilakukan.Semoga buku ini dapat menjadi motivasi, inspirasi, referensi, bahan bacaan dan media untuk saling berbagi pengalaman antar pelaku dan pendamping desa wisata, guna optimalisasi peran serta dalam memajukan desa wisata di tanah air.

Lebih baru Lebih lama